Temanggung (23/07/2024) - Brand Awareness yaitu sebuah arti yang digunakan dalam dunia marketing atau pemasaran produk untuk menggambarkan sejauh mana, konsumen mengenal dan mengingat kembali produk tertentu dari suatu brand atau pelaku bisnis. Suatu produk akan lebih mudah di ingat oleh pembeli, jika produk tersebut memiliki identitas yang jelas dan memiliki brand image yang kuat. Salah satu branding awareness yaitu kemasan produk. Kemasan produk penting bagi UMKM Ceriping Singkong karena dapat meningkatkan daya tarik pembeli dan meningkatkan nilai jual produk. Ketika sebuah kemasan produk didesain dengan sangat menarik dan mempunyai logo usaha sebagai identitas produk, maka akan banyak pembeli yang tertarik dan produk tersebut mudah diingat oleh pembeli. Maka dari itu, dibutuhkan edukasi branding awareness dan pelatihan desain kemasan yang menarik untuk UMKM Ceriping Singkong.
Agar UMKM Ceriping Singkong dapat meningkatkan branding melalui kemasan produk yang menarik, Esta Fitria salah satu mahasiswa KKN Desa Mergowati Undip memberikan edukasi mengenai pentingnya branding awareness melalui kemasan produk dan memberikan pelatihan desain logo juga kemasan produk yang menarik. Kegiatan ini bertempat di rumah produksi Ceriping Singkong, Dusun Letih, Desa Mergowati, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung.
Program tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Juli 2024, kegiatan di awali dengan pemberian edukasi mengenai pentingnya branding awareness terhadap kemasan produk. Edukasi tersebut berisi pentingnya branding awareness, alur meningkatkan branding awareness, dan elemen-elemen desain kemasan. Kemudian, dilanjutkan dengan pelatihan desain logo dan kemasan yang menarik di aplikasi canva. Esta dan Pak Solihin selaku pemilik usaha Ceriping Singkong bersama-sama membuat desain logo dan kemasan yang menarik.
Melalui kegiatan edukasi dan pelatihan desain logo dan kemasan yang menarik diharapkan UMKM Ceriping Singkong dapat meningkatkan branding awareness untuk menjaga merek produknya sehingga UMKM Ceriping Singkong di Desa Mergowati dikenal masyarakat luas dan meningkatkan pendapatannya. Selain itu, adanya pelatihan desain logo dan kemasan dapat membangun keunikan merek itu sendiri.
Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Desa Mergowati Universitas Diponegoro Tim II tahun 2024 Pentingnya Branding Awareness Kemasan Produk.
Penulis : Esta Fitria Nur Lestari-Ekonomi Islam
Mahasiswa KKN Desa Mergowati Universitas Diponegoro Tim II 2024
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook